Contoh Teks Prosedur, Ciri, Struktur, dan Pengertiannya (Lengkap)

Berbicara mengenai teks tentunya akan ada banyak sekali, terutama yang muncul dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu teks yang cukup populer dan banyak dibuat saat ini ialah teks prosedur. Dari namanya saja mungkin Anda sudah sedikit tahu teks ini nanti berfungsi sebagai apa. Yup, teks prosedur membahas dan menjelaskan tentang langkah-langkah ketika membuat dan melakukan sesuatu, atau istilah modernnya teks tutorial.

Dibandingkan dengan teks lain, teks prosedur tentu memiliki perbedaan. Adanya perbedaan ini dapat kalian lihat melalui ciri, struktur, dan pengertian dari teks prosedur itu sendiri. Oleh sebab itu, sebelum kami sajikan mengenai contoh teks prosedur alangkah baiknya untuk mengetahui mengenai ciri, struktur, dan pengertiannya berikut ini. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ciri-ciri Teks Prosedur

  1. Pola kalimat yang digunakan dalam teks prosedur ialah imperatif atau perintah
  2. Menggunakan kata kerja jenis aktif
  3. Menerapkan konjungsi atau sering disebut kata penghubung
  4. Menggunakan kata keterangan guna menunjukan tempat, waktu, dan cara secara lebih akurat.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan sebuah teks yang berisi mengenai tahapan-tahapan atau langkah dalam melakukan sesuatu. Hal yang dibahas dalam teks ini bisa apa saja, seperti ketika menyusun suatu yang nantinya secara urut atau bisa melakukan aktivitas tertentu dalam membuat barang misalnya. Dengan demikian, teks prosedur memiliki sifat yang lebih fleksibel dibandingkan dengan teks lain yang biasanya lebih bersifat paten.

Struktur Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur
Contoh Teks Prosedur

Dalam penyusunanya, teks prosedur mempunyai beberapa struktur penting yang terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu bagian tujuan, bagian material, serta bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan selengkapnya.

  1. Tujuan: berisi mengenai tujuan kenapa teks prosedur tersebut dibuat. Juga bisa berisi mengenai tujuan hasil akhir yang diraih jika melakukan sesuai langkahnya.
  2. Material: berisi tentang bahasan proses pembuatan sesuatu. Misalnya saja makanan, minuman, atau sejenisnya.
  3. Langkah: berisi tentang tahapan proses atau langkah yang harus dilakukan supaya tujuan pembuatan teks prosedur dapat tercapai. Langkah biasanya disajikan secara berurutan agar prosesnya sesuai keinginan penulis.

Contoh Teks Prosedur Menggunakan Kompor Listrik

  1. Apabila ingin memasak dengan kompor listrik sebaiknya buat makanan sederhana saja seperti nasi goreng atau untuk menumis.
  2. Membuat nasi goreng dengan kompor listrik pertama-tama letakkan wajan diatas kompor bersama dengan minyak goreng secukupnya. Nyalakan kompor sampai minyak benar-benar panas. Lalu masukan bumbu yang telah dibuat dan sangrai sampai mengeluarkan aroma yang harum. Jika sudah harum masukan nasi beserta kecap dan aduk hingga merata.

Contoh Teks Prosedur Membuat Telur Mata Sapi

Bahan-bahan:

  1. Sebutir telur
  2. Garam
  3. Minyak goreng atau mentega

Alat:

  1. Kompor
  2. Spatula
  3. Piring, sendok, dan sejenisnya
  4. Teflon atau wajan

Cara membuat:

  1. Nyalakan kompor dengan menggunakan api sedang.
  2. Letakkan wajan atau teflon yang sudah disiapkan diatas kompor. Tuanglah minyak secukupnya lalu tunggu sampai panas.
  3. Pecah dan tuangkan seluruh isi telur dalam wajan yang sudah panas.
  4. Tambahkan garam seperlunya sesuai selera Anda masing-masing.
  5. Agar tidak gosong balik telur dengan menggunakan spatula.
  6. Jika sudah matang tiriskan sebentar kemudian letakkan diatas piring bersama dengan nasi. Sekarang telur mata sapi siap untuk disantap.

Contoh Teks Prosedur Menghidupkan Komputer

  1. Pastikan semua perangkat komputer sudah terhubung dengan listrik.
  2. Tekan dan tahan tombol on/off pada cpu hingga lampu indikator menyala.
  3. Tekan juga tombol power pada monitor sampai menyala.
  4. Tunggu kurang lebih 2 menit sampai komputer benar-benar siap digunakan.

Nah itulah mungkin pembahasan singkat mengenai contoh teks prosedur, ciri, struktur, sekaligus pengertiannya. Sebenarnya masih banyak lagi contoh teks ini yang belum kami sajikan seperti contoh teks prosedur protokol, contoh prosedur membuat kerajinan, dan masih banyak lagi. Setelah membaca tiga contoh diatas kami yakin Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.