5 Merek Komponen Racing Dengan Kualitas Terbaik

Bearing atau biasa disebut dengan laher adalah salah satu spareparts kendaraan roda dua ( motor ). Laher motor ini berperan sebagai penghubung antara dua bagian part di pergerakan linear maupun perputaran. Sehingga ketika kedua komponen itu sudah terhubung makan akan terjadi pergerakan dengan gaya gesek minimal.

Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini semakin banyak pula yang beredar dipasaran jenis bearing kompetisi atau juga bisa disebut dengan bearing racing. Jenis bearing ini tentu memiliki kualitas yang berbeda dengan bearing dari bawaan pabrik motor. Keunggulan bearing racing sendiri yakni memiliki jarak antara inner ring dengan outer ring yang longgar sehingga membuat kinerja perputarannya terlalu sedikit, tapi jika leher bawaan standar motor memiliki spesifikasi sebaliknya.

Jika kamu ingin mengganti part pada motor standar, tentu bisa asal kamu harus mengetahui bearing mesin yang digunakan di motor keluaran terbaru bahwa sudah memakai bearing dengan kode C3. Jadi jika kamu ingin mengganti bearing standar dengan bearing racing carilah dengan kode bearing C4 atau C5.

Bagi kamu yang sudah mengetahui tentang ilmu dasar bearing, tentunya ketika ingin memodifikasi motor, bearing merupakan suatu part yang harus diganti bukan. Tapi untuk pemula di bidang otomotif akan sangat membingungkan. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi bearing racing atau laher dengan kualitas terbaik serta kode bearing mesin dan juga roda semua jenis motor.

1. Bearing Racing FAG

Bearing Racing FAG
Sumber : chongmotorclub.com

Yang pertama FAG. Merek bearing racing FAG pada Kruk-as dengan kode 6205TB, P63 high series ini merupakan bearing yang langsung diimpor dari negara portugal. Karena barang ini diimpor langsung dari negara pemain sepak bola terkenal yakni Cristiano Ronaldo, tak heran jika harga yang ditawarkan cukup mahal yakni berkisar Rp 340 ribu/pcs.

2. Bearing Racing SKF

Bearing Racing SKF
Sumber : otorider.net

Yang kedua SKF. Merek bearing SKF ini merupakan kepanjangan dari ( Svenska Kugelahaar Fabricen ). Produsen dari bearing atau laher motor ini berasal dari Swedia, tetapi sekarang ini sudah di manufacturing di Indonesia. Selain itu kualitas yang diberikan juga sangat tangguh untuk dapat dipakai di segala jenis mesin motor balap. Seri C4 SKF ini terbuat dari material keramik, sehingga berguna untuk me-minimalis gesekan.

3. Bearing Racing KOYO

Bearing Racing KOYO
Sumber : medium.com

Yang ketiga KOYO, sesuai namanya bearing ini merupakan produk unggulan yang berasal dari Jepang yang diproduksi oleh Koyo Seiko. Memang negara Jepang menjadi salah satu spesialis di bidang part bearing, terbukti karena sudah menjadi partner kerja dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Sehingga seluruh produk motor keluaran Yamaha ini menggunakan KOYO pada bearingnya.

4. Bearing Racing TDR

Bearing Racing TDR
Sumber : tdr.com

Yang Keempat TDR, pada umumnya bearing yang merupakan hasil riset dari Thailand ini sudah banyak beredar dipasaran dan mudah untuk mendapatkannya. Harga yang ditawarkannya pun juga terbilang cukup murah yakni sekitar Rp 80 ribu/pcs untuk seri 6025.

Keunggulan dari TDR ini terletak pada bahan material yang khusus dan sealed ball bearing. Tak hanya itu TDR juga menambahkan material teflon yang kuat sehingga bearing ini memiliki usia pakai lebih lama bila dibandingkan dengan bearing standar.

5. Bearing Racing FAITO

Bearing Racing FAITO
Sumber : otorider.net

Yang kelima FAITO. Faito merupakan salah satu produsen yang membuat bearing mulai dari satuan hingga laher kruk as, camshaft dan bearing crankcase atau bisa disebut satu set. Bearing ini juga memiliki dua jenis dan tipe yang berbeda yakni jenis Lite Tech tipe C3 dan bearing S720.

Untuk bearing berjenis Lite Tech tipe C3 ini dirancang dengan material teflon yang cocok digunakan pada motor korek harian. Sedangkan jenis bearing S720 ini memiliki kualitas highspeed yang dirancang dengan spesial composite pada putaran lebih tinggi dan juga lebih tahan terhadap panas.

Jenis bearing S720 juga memiliki kualitas yang sangat mumpuni sehingga dapat mengimbangi mesin motor balap. Mulai dari kecepatan putaran mesin serta ketahanan dan kemampuannya tahan terhadap suhu mesin yang ekstrim, sehingga tak heran jika tipe FAITO yang satu ini cocok untuk mengimbangi korekan road race yang mesinnya sangat panas.

Demikian informasi mengenai bearing atau laher racing yang berkualitas semoga artikel ini dapat berguna!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.