Kenali Perkembangan dan Sejarah Sepak Bola di Dunia dan Indonesia

Berdasarkan data yang diperoleh dari Federation International de Football Association (FIFA) , sudah lebih dari 240 juta orang di dunia memainkan permainan sepak bola. Permainan sepak bola merupakan permainan beregu yang diikuti oleh dua regu, dimana masing-masing terdiri dari 11 pemain inti. Permainan sepak bola mengandalkan ketangkasan kaki untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Saat ini, sepak bola telah menjadi cabang olahraga paling populer di dunia. Kamu pasti juga sudah menyadarinya apabila memperhatikan antusiasme masyarakat Indonesia bahkan dunia menjelang event-event besar pertandingan sepak bola. Nah, bagi kamu penggemar sepak bola, kamu juga perlu banget punya pengetahuan mengenai sejarah sepak bola baik di dunia maupun di Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Berbicara mengenai sejarah sepak bola, sebenarnya ada banyak versi mengenai sejarah sepak bola dunia. Berbagai negara pernah mengklaim bahwa negaranya yang telah memulai permainan sepak bola. Meskipun begitu, tidak ada yang akan menyangkal fakta bahwa permainan sepak bola yang sering kita saksikan saat ini  berasal dari Inggris, yaitu sejak pertengahan abad ke-19.

Versi-versi Sejarah Sepak Bola di Berbagai Negara

Sejarah Sepak Bola Dunia

Permainan sepak bola dengan versi yang lebih sederhana sudah hadir jauh lebih awal. Contoh permainan bola sederhana dilakukan sekitar 3000 tahun yang lalu dalam budaya Mesoamerika Kuno. Permainan ini menggunakan bola yang terbuat dari batu. Dalam permainan tersebut, terdapat kepercayaan bahwa bola melambangkan kepercayaan dan apabila salah satu tim kalah, maka kaptennya akan dikorbankan kepada dewa.

Selain itu, Tiongkok juga memiliki sejarah sepak bolanya sendiri. Sepak bola dalam budaya Tiongkok dimainkan dengan cara menendang dan menggiring bola ke arah jaring kecil. Permainan bola yang bernama Cuju ini terjadi sekitar abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi.

Setelah Tiongkok, permainan menendang bola ini menyebar dan dimainkan di Jepang dengan nama Kemari. Roma Kuno juga memiliki sejarah sepak bolanya sendiri. Hanya saja, permainan bola di Roma Kuno tidak dilakukan sebagai hiburan atau acara besar, melainkan dilakukan sebagai latihan militer.

Sejarah Sepak Bola Modern

Permainan bola di Inggris dikembangkan pada abad ke-12, yang mana permainan bola biasanya dilakukan di padang rumput atau jalanan di Inggris. Tidak hanya tendangan, dulu memukul bola juga diperbolehkan. Dibanding dengan permainan sepak bola modern yang kita kenal, sepak bola pada jaman tersebut lebih kasar dan keras.

Pertandingan akan melibatkan banyak orang dan diadakan di kota-kota besar. Karakteristik lain dari pertandingan bola jaman dulu di Inggris adalah pertandingan akan menyebabkan kerusuhan, kerusakan, bahkan bisa juga kematian. Oleh karena dampak yang ditimbulkan inilah, banyak masyarakat yang menentang, hingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan. Selain itu, Raja James I juga mendukung larangan memainkan sepak bola.

Sejarah Kepopuleran Sepak Bola

Perkembangan Sejarah Sepak Bola Dunia

Setelah vakum sekian lama, permainan bola kembali muncul pada abad ke-17. Masyarakat memainkannya di jalanan-jalanan Inggris. Baru pada tahun 1815, sepak bola menjadi populer di kalangan sekolah dan universitas. Meskipun begitu, butuh waktu yang panjang untuk menciptakan sepak bola dengan peraturan-peraturan yang sedemikian rupa. Pada saat itu, bahkan tidak ada perbedaan yang jelas antara permainan sepak bola dengan rugby.

Untuk membuat permainan sepak bola lebih jelas, pada tahun 1848 diadakan pertemuan di Cambridge untuk menentukan aturan-aturan dalam permainan sepak bola. Sayangnya, pertemuan tersebut tidak menghasilkan solusi yang memuaskan. Kemudian tibalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah sepak bola pada tahun 1863, yaitu ketika asosiasi sepak bola pertama dibentuk di London.

Pada tahun 1869, permainan sepak bola tidak diperbolehkan menggunakan tangan. Selain itu, asosiasi juga memutuskan standardisasi berat dan ukuran bola dalam permainan sepak bola. Dari sinilah, terdapat perbedaan jelas antara sepak bola dan rugby. Meskipun sudah ada beberapa peraturan, masih ada beberapa aturan yang masih fleksibel. Misalnya saja mengenai jumlah pemain yang tidak menentu dan belum adanya seragam pemain.

Pada abad ke-19, olahraga sepak bola ini diperkenalkan ke seluruh belahan dunia melalui pelaut, pedagang, dan tentara Inggris yang berkelana ke berbagai negara. Kemudian di tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia atau FIFA dibentuk. Setelah pembentukan asosiasi ini, olahraga ini mulai dimainkan di berbagai negara.

2. Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Masuknya-Permainan-Sepak-Bola-di-Indonesia

Masuknya Permainan Sepak Bola di Indonesia

Masih ingatkah kamu bahwa Indonesia pernah dijajah oleh Belanda? Nah, karena Indonesia merupakan jajahan Belanda, maka banyak pula kaum kolonial yang tinggal di Indonesia. Awalnya, sepak bola merupakan permainan yang hanya dimainkan oleh kaum kolonial.

Akan tetapi, pada saat itu terdapat ideologi kolonial yang tertanam di masyarakat Indonesia, yaitu bahwa dengan mengikuti budaya kolonial, maka rakyat Indonesia menyerupai mereka. Maka dari itulah, masyarakat Indonesia mulai mengikuti permainan tersebut. Inilah mengapa banyak sumber yang mengatakan bahwa datangnya permainan sepak bola di Indonesia dibawa oleh penjajah Belanda, tepatnya pada tahun 1914.

Kemudian olahraga sepak bola menyebar di kota-kota besar dan diterima dengan baik oleh masyarakat, baik pribumi maupun Tionghoa. Sama dengan antusiasme masyarakat Eropa terhadap permainan sepak bola, masyarakat Indonesia juga memberi perhatian lebih terhadap olahraga ini. Sepak bola cepat menyebar dan menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Sejarah Berdirinya PSSI

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Pada tahun  1930, liga sepak bola Indonesia pertama kali diadakan. Pada tahun yang sama pula, tepatnya pada tanggal 19 April 1830 didirikan badan otoritas yang mengatur sepak bola di Indonesia yaitu PSSI di Yogyakarta, dimana badan ini masih bertahan sampai saat ini. Banyak yang beranggapan bahwa pembentukan PSSI sangat erat kaitannya dengan masalah politik yang menentang penjajahan. Ketua PSSI pertama adalah Soeratin Sosrosoegondo.

Beberapa puluh tahun setelah PSSI berdiri, berbagai kompetisi sepak bola mulai berkembang di Indonesia. Dimulai dengan kompetisi sepak bola Indonesia yang diadakan secara amatir, atau yang lebih akrab dikenal sebagai perserikatan. Perserikatan ini diadakan pertama kali pada tahun 1979.

Kemudian pada tahun 1979-1980, Galatama atau Kompetisi Liga Sepak Bola Utama diperkenalkan. Berdirinya Galatama menjadi awal mula munculnya kompetisi semi-profesional dan profesional di Asia. Meskipun sama-sama bergerak di bidang sepak bola, perserikatan dan Galatama berjalan sendiri-sendiri.

Baru pada tahun 1995, Perserikatan dan Galatama disatukan dan membentuk Liga Indonesia seperti yang kita kenal sekarang. Tujuan dari penyatuan kedua kompetisi tersebut adalah untuk menyatukan antusiasme masyarakat terhadap dunia sepak bola, sehingga kualitas sepak bola di Indonesia dapat meningkat.

Dan pada tahun 2008, PSSI mengadakan liga sepak bola profesional pertama di Indonesia dengan nama Liga Super Indonesia.  Pada tahun 2011, Liga Super Indonesia digantikan oleh Liga Primer Indonesia.

Kemudian pada tanggal 17 April 2015, Menpora membekukan aktivitas PSSI karena dianggap melanggar aturan olahraga nasional. Karena pembekuan ini, FIFA pun ikut membekukan PSSI. Baru setahun kemudian, pembekuan PSSI dicabut oleh Menpora dan FIFA juga mencabut sanksi untuk Indonesia. Dan pada tahun 2017, kompetisi sepak bola profesional tertinggi berganti nama menjadi Liga 1.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.