Tata Cara Sholat Jenazah Laki- Laki Perempuan Simple dan Lengkap

Meskipun sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah, tetapi ketika ada kerabat, sahabat, tetangga atau bahkan keluarga sesama umat muslim yang meninggal dunia sebagai insan muslim yang beriman melaksanakan sholat jenazah adalah suatu kewajiban. Agama Islam juga telah menyatakan bahwasannya melaksanakan tata cara sholat jenazah termasuk dalam rangkaian proses yang wajib dilakukan sebelum jenazah dikuburkan.

Sama seperti sholat wajib dan sunah yang memiliki tata cara dan bacaan doa niat tersendiri ketika melaksanakannya. Langkah sholat jenazah ini juga memiliki bacaan doa niat khusus untuk jenazah sendiri serta keluarga yang ditinggalkan. Hanya saja dalam rangkaian prosedur sholat jenazah tak dilengkapi dengan gerakan rukuk, iktidal serta sujud. Biasanya sholat jenazah hanya dilaksanakan sembari berdiri dan membaca niat khusus serta melakukan empat kali takbir.

Nah, apabila Anda sedang mencari cara melaksanakan sholat jenazah yang benar, Anda masuk ada laman yang tepat. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tata cara sholat jenazah bagi laki-laki dan perempuan secara lengkap. Penasaran bagaimanakah langkah melaksanakan sholat jenazah yang baik dan benar? Berikut penjelasan dari Juansaaa.com untuk Anda.

Langkah-langkah Melaksanakan Sholat Jenazah

Sebenarnya gerakan sholat serta bacaan niat sholat jenazah untuk laki-aki dan perempuan tidak memiliki perbedaan yang berarti. Hanya saja pada takbir ketiga bacaan doa untuk jenazah laki-laki menggunakan akhirnya “Hu”.

Sedangkan bacaan doa untuk jenazah pada mayit perempuan diakhiri dengan kata “Ha” . Selain itu, sebelum melaksanakan tata cara sholat jenazah pastikan juga posisi imam, sudah berdiri tepat sejajar dengan kepala jenazah. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah ulasannya berikut ini.

1. Niat

niat-sholat-jenazah

Segala jenis sholat baik itu sholat wajib sholat sunnah hingga sholat jenazah sekalipun harus diawali dengan niat karena Allah. Tetapi perlu Anda garis bawahi bahwasannya setiap bacaan niat sholat akan berbeda baik lafaz maupun maknannya. Untuk tata cara sholat jenazah sendiri Anda wajib membaca bacaan doa sholat jenazah di dalam hati.

2. Takbir Pertama

Setelah niat selesai, kemudian imam akan menyerukan takbir pertama. Nah pada takbir pertama ini Anda diwajibkan untuk melantunkan bacaan doa Al-Fatihah.

3. Takbir Kedua

Selanjutnya setelah takbir kedua yang diiringi dengan bacaan doa Al-Fatihah selesai, biasanya imam akan meneruskan kembali dengan melanjutkan takbir kedua. Takbir kedua ini bacaan yang wajib untuk dibaca adalah lafaz sholawat. Pada takbir kedua ini berlaku bagi sholat jenazah laki-laki dan perempuan.

Takbir Kedua Shalawat

(Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid)

4. Takbir Ketiga

Kemudian imam akan melanjutkan lagi pada takbir yang ketiga. Pada takbir ketiga ini Anda wajib membaca doa untuk jenazah yang sedang disholati. Berikut adalah bacaan doa untuk jenazah laki-laki:

“ALLAHUMMMAGFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AFIHI WA’ FU’ANHU WAKRIM NUZULAHU WA WASI’ MADKHOLAHU MAGSILHU BILMA’I WATSALJU WAL BARDI WA NAQQIHI MINADZUNUBI WALKHOTOYAYA KAMA YUNAQQI ATSSAUBULABYADHU BINADDANASI WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHI, WAHLAN KHOYRON MIN AHLIHO, WA ZAUJAN KHOYRON MIN ZAUJIHI WAQIHI FITNATALQOBRI WA ‘ADZABI NNAR”

Doa sholat jenazah bagi jenazah perempuan Anda bisa menganti kata “Hu” menjadi “Ha” pada takbir ketiga dan keempat dalam langkah melaksanakan sholat jenazah.

5. Takbir keempat

Setelah selesai membaca doa untuk jenazah yang sedang disholatkan pada rekaat ketiga kemudian imam akan melanjutkan lagi pada rekaat keempat. Sama dengan rekaat ketiga setiap kata “Hu” yang terdapat pada lafaz bacaan diganti dengan “Ha”. Hanya saja takbir keempat ini bacaan doa yang dilafazkan ditujukan kepada keluarga yang ditingalkan, semoga selalu diberikan ketabahan oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

(Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu)

Artinya: Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

Jika jenazahnya perempuan, maka doanya menjadi:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

(Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa)

Setelah itu mengucapkan salam:

السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ

(Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarookaatuh)

Artinya: Semoga keselamatan rahmat Allah dan berkahNya limpahkan kepada kalian

6. Salam

Sama seperti sholat-sholat pada umumnya yang harus diakhiri dengan bacaan salam yang dilafazkan secara sempurna, begitupun dengan tata cara melaksanakan sholat jenazah.

Tips Tambahan : Cara Mendapatkan Khusyu’ dalam Sholat

Kesibukan dan masalah manusia sudah pasti berbeda-beda sehingga ketika kita melaksanakan sholat, seringkali kita tidak khusyu’ dan memikirkan hal-hal lain sehingga sholat kita tidak sempurna. Meskipun kita tahu bahwa mendapatkan kesempurnaan sholat sangatlah susah, tapi setidaknya kita melakukan sholat semaksimal mungkin. Seperti yang kita tahu bahwa sholat merupakan ibadah utama yang pertama kali dihisap di hadapan Allah dan untuk ibadah-ibadah yang lain InsyaAllah tidak akan bermasalah jika sholat yang kita lakukan selama ini benar.

Kunci pertama khusyu’ dalam sholat adalah konsentrasi penuh, pastikan anda ketika melakukan sholat jangan sampai memikirkan hal-hal duniawi yang saat ini membebani pikiran anda. Ketika anda sulit konsentrasi dalam sholat, maka mendapatkan khusyu’ dalam sholat sangatlah susah. Naudzubillah jika suatu saat ketika hari Pembalasan, sholat anda bermasalah dan itu berpengaruh juga pada ibadah-ibadah anda yang lain yang dengan susah payah anda lakukan.

Ketika memulai sholat, kondisikan pikiran anda tetap terfokus pada Allah dan tinggalkan sejenak masalah dan urusan-urusan yang membebani anda. Kalau anda sedang melakukan sholat wajib, pastikan anda melakukannya secara berjamaah supaya anda mendapatkan pahala berkali-kali lipat dan kesempurnaan sholat. Berbeda jika anda melakukan sholat sunnah, tidak masalah jika anda melakukannya secara sendiri-sendiri meskipun begitu sholat secara berjamaah tetap diprioritaskan. Setelah memahami poin penting tersebut, silakan simak hal-hal berikut ini untuk lebih mempermudah anda dalam menjalankan sholat dengan khusyu’:

  1. Pastikan anda sudah berwudlu dan terhindar dari hadas kecil. Seperti yang kita tahu bahwa syarat sah sholat adalah bersih dari hadas kecil.
  2. Takbir : Angkat kedua tangan dibarengi dengan mengucap takbir. Ucapan takbir ini salah satu kesaksian dari anda bahwa yang Maha Besar hanyalah Allah semata, tidak ada satupun makluk yang dapat menyandingi-Nya.
  3. Membaca doa Iftitah : ini merupakan sunnah yang disarankan untuk disarankan. Resapi sebisa mungkin arti dari doa iftitah ini dan anda tidak perlu menghafalnya, cukup tahu maknanya saja sudah lebih dari cukup.
  4. Membaca surat Al-Fatihah : ini merupakan rukun sholat yang harus dilaksanakan. Bisa dibilang setiap hari anda membaca surat ini, maka dari itu anda disarankan untuk menghafal artinya juga. Dengan memahami artinya, anda dapat dengan mudah mengerti maksud dan makna penting dari surat ini.
  5. Ruku’ : Bungkukkan punggung anda pada Dzat yang Maha Kuasa, yakni Allah. Ingatlah bahwa kita ini sangat kecil dihadapannya.
  6. Setelah melakukan I’tidal, bersujudlah dengan meletakkan bagian badan yang paling terhormat yakni kepala. Sebagai hamba Allah, kita memang sudah sepantasnya bersujud dan berserah kepada Allah.
  7. Kemudian pada sujud kedua, lakukan hal yang, yakni berserah diri kepada Dzat yang Maha Kuasa. Ingat 1 sujud saja tidak bisa menjadi pembuktian ketaatan kita kepada Sang Khaliq.
  8. Membaca Tasyahud seperti yang biasa anda lakukan. Kemudian diakhiri dengan salam ke kanan dan ke kiri.

Bagaimana apakah setelah membaca artikel tersebut diatas sudah memiliki gambaran akan tata cara sholat jenazah yang sempurna untuk laki-laki maupun perempuan? Itulah tadi informasi lengkap terkait langkah-langkah melaksanakan sholat jenazah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini data bermanfaat dan menambah wawasan Anda dan terima kasih.

1 thought on “Tata Cara Sholat Jenazah Laki- Laki Perempuan Simple dan Lengkap”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.