Kamu Pekerja Freelance dan Ingin Ruang Kerjamu Senyaman di Kantor? Inilah Tipsnya!

Di zaman dengan teknologi maju seperti sekarang ini banyak sekali macam-macam pekerjaan yang bisa kamu lakukan seperti bekerja di kantor pada umumnya atau bekerja sebagai freelance. Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang secara mandiri yang tidak terikat kontrak dengan sebuah perusahaan atau bisa juga orang yang mempekerjakanmu.

Menjadi seorang freelance dapat dilakukan secara part time atau full time. Jika kamu adalah seorang pekerja freelance pastinya pekerjaan tersebut dilakukan secara full time di rumahmu. Agar lebih bersemangat dalam bekerja kamu bisa menciptakan ruang kerja di rumah menjadi senyaman di kantor.

Berikut ini beberapa tips menciptakan ruang kerja di rumah agar bisa senyaman di kantor!

1. Ukuran ruangan

Pekerja Freelance 1
sumber : dekoruma.com

Ini menjadi hal yang paling utama. Saat kamu memutuskan ruangan yang ingin kamu gunakan untuk bekerja, sebaiknya kamu perlu mengukur dan membuat gambar sketsanya terlebih dahulu. Lalu perhatikan pada pintu, jendela, lampu, dan kabel listrik. Setelah merasa denahnya sudah akurat, kamu beralih pada peralatan yang dibutuhkan nanti saat bekerja.

2. Kursi yang nyaman

Kursi yang nyaman
sumber : forum.rumah123.com

Salah satu kunci kenyamanan saat bekerja ialah memiliki kursi kerja yang nyaman. Tak lupa juga kamu harus pilih kursi kerja yang sesuai dengan bentuk tubuhmu, memiliki sandaran tangan dan juga memiliki sandaran punggung. Memang harga kursi tidaklah murah tetapi manfaatnya sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan produktivitas pekerjaanmu.

3. Pendingin ruangan

Pendingin ruangan
sumber : pinterest.com

AC atau penyejuk ruangan adalah salah satu bagian terpenting juga untuk menambah kenyamanan kamu saat bekerja, sebut saja AC split.

Saat ini pendingin ruangan sedang menjadi incaran banyak orang, karena AC split memiliki bentuk yang sangat praktis dan teknologinya sesuai untuk ruangan yang berada di rumah. AC split menjadi populer karena terdiri dari dua bagian. Untuk bagian utama, yakni unit pendingin yang berada di dalam ruangan dan bagian kedua unit pembuang panas dan letaknya di luar ruangan.

4. Gunakan Pencahayaan alami

Gunakan Pencahayaan alami
sumber : meqasa.com

Usahakan tempat kerjamu dekat dengan jendela agar lebih sehat saat terkena sinar matahari pagi. Selain itu memiliki ruang kerja dekat dengan pencahayaan alami dapat menghemat listrik di rumahmu. Jangan lupa memasang gorden pada jendela sehingga saat kamu merasa terganggu pada sinar matahari kamu bisa menutupnya. Dan kalau kamu ingin menggunakan lampu, pilih lampu yang berwarna putih agar tidak membuat mata menjadi perih saat menatap layar komputer.

5. Konsep ruang kerja

Konsep ruang kerja
sumber : idntimes.com

Kamu harus memutuskan ruang yang tidak terpakai atau ruang kosong di rumah menjadi sebuah kantor kecil. Selain itu kamu juga harus menetapkan ide untuk membuat ruang kerjamu terasa nyaman dan bisa membuatmu semakin bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Misalnya,  jika kamu menginginkan tema vintage di ruang kerja. Kamu bisa mencari referensi di internet untuk mendapat inspirasi dan berkonsultasi dengan desain interior untuk mendapat masukan yang mendukung kamu dalam membuat konsep ruang kerja di rumah.

6. Pilihlah furniture dan aksesoris yang sesuai

Pilihlah furniture dan aksesoris yang sesuai
sumber : Hipwee

Pilihlah beberapa furniture yang dibutuhkan saat kamu bekerja, seperti kursi kerja, meja kerja, dan rak penyimpanan atau lemari. Dan kalau kamu memiliki ruang kerja lebih luas, kamu bisa menambahkan sofa untuk bersantai.

Kemudian untuk aksesoris pada ruang kerja, kamu bisa meletakan foto keluarga, lukisan bahkan tanaman hidup agar menciptakan ramah lingkungan pada ruang kerja.

7. Penggunaan penyimpanan dan rak

Penggunaan penyimpanan dan rak
sumber : pinterest.com

Ruang kerja pasti membutuhkan area penyimpanan atau rak dinding yang memadai ruang kerjamu. Untuk itu atur desain penempatan yang sesuai, lokasi meja kerja dan akses pekerjaan yang praktis. Pastinya kamu akan paham dalam ritme pekerjaan pribadi dengan menentukan ukuran dan letak terbaiknya.

Nah, bagaimana kamu sudah membayangkan akan membuat ruang kerja seperti apa? Semoga artikel ini membantu, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.