Penerbangan Delay? Berikut Tips supaya Tidak Bosan Menunggu di Bandara

Delay sangat menyebalkan. Kata delay sendiri sering banget dipakai dalam urusan penerbangan yang mengartikan mundurnya jadwal penerbangan dari jadwal yang sudah ditentukan. Kondisi seperti ini akan merusak banyak hal, mulai dari mood kamu sebagai penumpang dan juga jadwal yang sudah diatur sebelumnya.

Masalahnya, kamu sebagai penumpang biasanya diminta untuk datang jauh lebih awal dari jadwal keberangkatan. Hal ini karena kamu harus melakukan banyak hal, seperti check in di bandara dan proses imigrasi jika kamu melakukan penerbangan ke luar negeri. Dengan kata lain, kamu bisa menghabiskan 1 – 2 jam di bandara sebelum benar-benar masuk ke dalam pesawat dan terbang.

Sayangnya, waktu itu bisa lebih panjang lagi saat pesawat kamu mengalami delay. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menunggu. Namun, kamu bisa melakukan banyak hal seperti di bawah ini untuk membunuh waktu.

1. Pergi ke Kafe di Bandara

Bandara internasional biasanya punya kafe atau restoran yang terdapat sebelum masuk ke ruang tunggu. Setelah mendengar kabar penerbangan kamu mengalami delay, kamu bisa langsung pergi ke sana untuk menunggu. Di sana, kamu bisa menikmati secangkir kopi atau camilan untuk mengisi perut sambil membunuh waktu.

Enaknya, beberapa kafe memiliki colokan listrik yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi baterai gadget. Bagusnya lagi kalau kamu membawa laptop atau tablet. Kamu bisa memanfaatkan internet di sana untuk melanjutkan pekerjaan atau menonton film.

Untuk amannya, kamu bisa memilih kafe yang dekat dengan gate ruang tunggu pesawat kamu. Jika menggunakan earphone, baiknya tidak menyetel volume terlalu keras, ya. Jadi, pengumuman penerbangan dari speaker bandara masih terdengar.

2. Berkeliling Bandara

Sebagian besar bandara punya suasana layaknya sebuah mal. Kamu bisa menemukan banyak tempat makan atau spot untuk didatangi. Mungkin kamu bisa mencuci mata dengan window shopping di sekitar bandara dan malah bisa jadi kamu menemukan benda yang kamu butuhkan. Bisa juga kamu sekalian mencari oleh-oleh kecil untuk teman kamu yang belum sempai terbeli di kota kamu pergi.

Selain itu, berjalan-jalan juga baik untuk tubuh. Mungkin saja, kamu harus berada di dalam pesawat untuk perjalanan panjang nantinya. Nah, buat tubuh kamu olahraga sebentar dengan berjalan-jalan sambil menunggu panggilan untuk masuk ke dalam pesawat.

Berkeliling bandara juga kamu lakukan sambil berburu spot keren untuk foto. Mungkin kamu mau menghasilkan foto keren di sudut bandara untuk membuat sebuah konten menarik untuk media sosial kamu.

3. Sibuk dengan Benda yang Kamu Punya

Beberapa orang memilih menghabiskan waktunya dengan buku bacaan dan sebagian orang lainnya lebih senang browsing internet dengan smartphone. Kamu juga bisa bermain game dengan ponsel atau Nintendo Switch di ruang tunggu bandara. Apa aktivitasnya, lakukan sambil menunggu penerbangan kamu.

Pastikan kamu membawa salah satunya saat ingin traveling dengan pesawat. Saat penerbangan kamu delay, ya manfaatkan barang yang kamu punya untuk membunuh waktu. Mungkin kamu juga mau membuat jurnal perjalanan kamu. Hei, hal ini jarang dilakukan oleh sama orang lain.

4. Mengobrol dengan Penumpang Lainnya

Kamu bosan menunggu, pun orang di sebelah kamu akan merasakan hal yang sama. Dibanding kalian marah-marah dan kesal, mengapa tidak saling berbagi cerita. Kamu bisa memulai dengan menanyakan asal atau tujuan melakukan perjalanan. Mungkin kamu juga bisa mengomentari buku atau game yang sedang dia mainkan.

Lakukan obrolan seadanya dan sebaiknya kamu memperhatikan orang yang mau diajak ngobrol atau tidak. Earphone atau headphone juga merupakan tanda mereka tidak mau diganggu. Jadi, jangan sampai kamu memulai obrolan dengan penumpang seperti ini.

Jika kamu menemukan seorang teman ngobrol yang asyik, percaya deh waktu menunggu delay jadi tidak akan terasa lama. Mood liburan kamu malah bisa kembali normal.

5. Beristirahat

Cara menunggu yang baik adalah menikmatinya. Kamu bisa beristirahat sejenak di ruang tunggu dengan memejamkan mata. Tak jarang ada bandara yang menyediakan kursi untuk meluruskan kaki kamu. Beberapa bandara malah menyediakan kursi pijat untuk merenggangkan otot-otot kamu yang tegang.

Jika memang lelah sekali, kamu bisa meminta petugas bandara untuk membangunkan kamu saat sudah bisa boarding ke dalam pesawat. Namun, kamu harus istirahat di ruang tunggu atau tempat yang tidak terlalu jauh dari gate yang seharusnya.

Sebelum kamu melakukan salah satunya, pastikan dulu kamu melakukan klaim dari keterlambatan penerbangan ini ke pihak maskapai, ya. Mulai dari keterlambatan 30 menit, kamu bisa mendapatkan kompensasi berupa minuman ringan dari pihak maskapai, loh.

Lebih baiknya lagi, kamu juga melindungi diri dengan Flight Delay Insurance dalam setiap penerbangan kamu. Dengan asuransi ini, kamu bisa mendapatkan uang Rp600 ribu untuk keterlambatan lebih dari 90 menit untuk alasan apa pun. Dapatkan penawaran asuransi sekarang dan buat perjalanan kamu lebih nyaman biarpun dalam kondisi yang tidak menyenangkan sekalipun.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.